PERAN KONSELING KELUARGA ISLAM TERHADAP KESEHATAN MENTAL KELUARGA DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus di Yayasan At-Taubah Kabupaten Tasikmalaya)

Astri Au;iya Putri, (2024) PERAN KONSELING KELUARGA ISLAM TERHADAP KESEHATAN MENTAL KELUARGA DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus di Yayasan At-Taubah Kabupaten Tasikmalaya). Bachelor thesis, S1 Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah) IAIN SNJ.

[img] Text
2008201061_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008201061_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008201061_6_bab5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008201061_7_dafpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Nomer 18 tahun 2014 tentang kesehatan jiwa. Konseling keluarga merupakan upaya bantuan dan bimbingan yang diberikan konselor kepada individu anggota keluarga melalui sistem keluarga (dalam rangka pembenahan komunikasi keluarga) agar potensinya berkembang seoptimal mungkin dan masalahnya dapat diatasi (problem solving) atas dasar kemauan membantu dari semua anggota keluarga berdasarkan kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: 1). Bagaimana konseling keluarga Islam yang silakukan oleh yayasan At-Taubah terhadap kesehatan mental keluarga, 2). Bagaimana konseling keluarga Islam dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapanggan, bersifat kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan teknik triangulasi dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan data, kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah pelayanan sosial berupa kebutuhan perawatan dengan registrasi, pengasramaan, pelayanan fasilitas, sumber daya manusia, dan kebutuhan pangan bergizi. Kegiatan konseling dengan metode komunikasi langsung dan tidak langsung. Hubungan antara maqashid syariah dengan konseling keluarga berdasarkan maqashid dharuriyat yaitu agama, jiwa, dan akal. Saran penulis dalam kasus ini, 1). Untuk terapis diharapkan agar memperluas informasi tentang adanya pengobatan terapi yayasan At-Taubah Tasikmalaya, 2). Untuk penelitian yang akan datang, diharapkan dapat menjadikan salah satu acuan dalam melaksanakan penelitian skripsi terkait peran konseling keluarga Islam terhadap kesehatan mental keluarga dalam perspektif maqashid syariah. Kata Kunci: Konseling Keluarga, Kesehatan Mental, dan Maqashid Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:02
Last Modified: 30 Apr 2024 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item