Dampak Media Sosial Terhadap Pemahaman Keagamaan Pada Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wadi Fatimah Cirebon

Reni Marliani, (2023) Dampak Media Sosial Terhadap Pemahaman Keagamaan Pada Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wadi Fatimah Cirebon. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (845kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (320kB)

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, termasuk anak-anak usia sekolah dasar. Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Wadi Fatimah. Mereka rata-rata sudah mempunyai memiliki smartphone untuk mengakses akun media sosial, padahal penggunaan media sosial dapat berdampak khususnya pada pemahaman keagamaan siswa dilingkungan Sekolah Dasar Islam Terpadu Wadi Fatimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis; 1) pemanfaatan media sosial terhadap siswa; 2) pemahaman keagamaan siswa; 3) dampak penggunaan media sosial terhadap pemahaman keagamaan siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wadi Fatimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) sekolah memanfaatkan media sosial untuk; a) alat bertukar informasi pembelajaran dan hiburan; b) sebagai media pembelajaran dan; c) alat untuk berkomunikasi. 2) pemahaman keagamaan siswa khususnya kelas V dan VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Wadi Fatimah secara umum sudah cukup baik. Mereka memiliki pemahaman yang baik seperti beribadah dan kesadaran agama. 3) Dalam penggunaan media sosial terdapat dampak yang positif dan juga dampak negatif terhadap pemahaman agama siswa. Dampak positif; a) memperluas wawasan dan pengetahuan tentang agama Islam; b) mempererat hubungan sosial dengan teman dan Guru; c) menumbuhkan motivasi dan inspirasi. Dampak negatif dari media sosial yaitu; a) adanya informasi yang tidak akurat atau tidak sesuai sehingga membuat siswa bingung; b) siswa dapat terpapar pemahaman agama yang salah; c) terdapat konten yang dapat memengaruhi persepsi dan pemahaman keagamaan siswa. Kata kunci: media sosial, pemahaman keagamaan, anak usia dasar

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:04
Last Modified: 30 Apr 2024 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13045

Actions (login required)

View Item View Item