Pengaruh Faktor Efisiensi dan Keamanan Terhadap Keputusan Menggunakan QRIS Mobile Banking Syariah Pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sely, (2024) Pengaruh Faktor Efisiensi dan Keamanan Terhadap Keputusan Menggunakan QRIS Mobile Banking Syariah Pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008203111_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008203111_2_bab1.pdf

Download (944kB)
[img] Text
2008203111_6_bab5.pdf

Download (459kB)
[img] Text
2008203111_7_dafpus.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan financial technology QRIS pada mobile banking milik Bank Syariah yang mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan media digital. Pembayaran menggunakan QRIS yang tampak nya begitu populer nyata nya masih belum digunakan secara optimal oleh beberapa masyarakat. Kurang nya pengetahuan mengenai alat pembayaran ini dan juga tingkat persaingan antara lembaga keuangan dan financial technology e-wallet menjadikan QRIS mobile banking syariah tidak banyak dipilih oleh masyarakat sebagai alat transaksi pembayaran. Efisiensi dan keamanan menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan ketika memutuskan untuk menggunakan suatu teknologi, karena keefisienan dan keamanan akan memberikan kenyamanan ketika bertrasaksi. Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah faktor efisiensi dan keamanan memiliki pengaruh pada keputusan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam bertransaksi menggunakan QRIS Mobile Banking Syariah. Penelitian ini dilakukan dengan jenis pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebanyak 12.280 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan cara purposive sampling dan cluster random sampling sehingga jumlah sampel diambil menggunakan rumus taro Yamane adalah sebanyak 100 mahasiswa. Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS dengan analisis data yang terdiri dari uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas), uji regresi linear berganda, uji korelasi, uji koefisien determinasi, serta uji hipotesis (uji t dan uji f). Penelitian ini memperoleh hasil, bahwa faktor efisiensi dan keamanan memiliki berpengaruh signifikan secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05 dan berpengaruh secara simultan dengan nilai f hitung sebesar 53.174 > nilai f tabel 3,09 terhadap keputusan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggunakan QRIS mobile banking syariah. Nilai koefisien korelasi adalah 0,723 yang artinya tingkat keeratan antar variabel berada pada tingkat korelasi yang kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasi adalah 0,523 yang artinya variabel faktor efisiensi dan keamanan berpengaruh sebesar 52,3% terhadap variabel keputusan menggunakan QRIS mobile banking syarah sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Efisensi, Keamanan, Keputusan Penggunaan, QRIS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 May 2024 07:29
Last Modified: 08 May 2024 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item