Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Kepercayaan Pada Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus: Masyarakat Desa Cipeujeuh Wetan)

Syahidatul Sufi Sya’banin, (2024) Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Kepercayaan Pada Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus: Masyarakat Desa Cipeujeuh Wetan). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008203131_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203131_2_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
2008203131_6_bab5.pdf

Download (271kB)
[img] Text
2008203131_7_dafpus.pdf

Download (222kB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah yang signifikan di Indonesia belakangan ini menunjukkan peningkatan minat masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah, termasuk tabungan syariah. Namun demikian, potensi ini masih perlu terus digali dan dikembangkan, terutama di wilayah pedesaan. Survei nasional literasi dan inklusi keuangan 2022 menunjukkan peningkatan dibanding 2019, baik di perkotaan maupun pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan, dan kepercayaan pada bank syariah terhadap minat menabung di bank syariah. Literasi keuangan diukur melalui pemahaman masyarakat terhadap konsep keuangan Islam, inklusi keuangan diukur melalui aksesibilitas produk dan layanan perbankan syariah, sementara kepercayaan pada bank syariah diukur melalui tingkat kepuasan dan kepercayaan nasabah terhadap pelayanan bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan langsung kepada masyarakat. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat desa Cipeujeuh Wetan. Sampel menggunakan non-probability sampling yaitu dengan metode purposive sampling sampling yaitu sebanyak 96 orang, dengan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan software IBM Stastistic SPSS versi 25. Hasil penelitian ini, menunjukkan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah sebesar 0,282. Inklusi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah sebesar 0,079 dan kepercayaan pada Bank Syariah memiliki pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,242. Sedangkan, secara simultan literasi keuangan, inklusi keuangan dan kepercayaan pada Bank Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah sebesar 9,264. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Kepercayaan Pada Bank Syariah dan Minat Menabung

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 May 2024 01:35
Last Modified: 16 May 2024 01:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13143

Actions (login required)

View Item View Item