Efektivitas Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Wadiah Pada Bank Muamalat KCP Sumber

Damita Putri Antari Rianto., (2024) Efektivitas Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Wadiah Pada Bank Muamalat KCP Sumber. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
1908203065_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908203065_2_bab1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
1908203065_6_bab5.pdf

Download (173kB)
[img] Text
1908203065_7_dafpus.pdf

Download (381kB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok yang ingin dicapai oleh perusahaan atau usaha dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan dapat memuaskan pasar tersebut . Karena itu strategi pemasaran produk perbankan syariah sangatlah penting dan menjadi kunci untuk mengembangkan produk Bank Muamalat. Bank juga harus mengetahui lingkungan pemasaran yang akan dijalankan agar mudah bagi bank menjalankan tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada tabungan wadiah, menganalisis efektivitas strategi pemasaran dan untuk mengetahui prioritas kendala dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan wadiah pada Bank Muamalat KCP Sumber. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan objek penelitian yang dilakukan di Bank Muamalat KCP Sumber dengan informan penelitian yaitu branch manager, customer service, dan nasabah. Analisis data yang digunakan dengan melakukan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah nasabah oleh Bank Muamalat KCP Sumber pada produk tabungan wadiah adalah dengan menggunakan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Kemudian untuk efektivitas strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan wadiah dikatakan efektif karena penerapan marketing mix 4P (Product, Price, Place, and Promotion) yang baik. Melalui analisis CARL kendala dalam meningkatkan jumlah nasabah produk wadiah yaitu persaingan antar bank di Indonesia yang memiliki tabungan yang sama, Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai tabungan dengan akad wadiah, nasabah kurang mampu mengoperasikan mobile banking dan kurangnya sumber daya manusia dalam melakukan promosi. dengan adanya kendala tersebut maka solusi yang harus dilakukan ialah dengan meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan cara melakukan promosi. Kata Kunci : Efektivitas; Strategi Pemasaran; Tabungan Wadiah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 May 2024 07:37
Last Modified: 16 May 2024 07:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item