Yoyo Rodiya, (2023) Efektivitas Kinerja Guru PAI dalam Mengelola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing Kabupaten Majalengka. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (25kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (180kB) |
Abstract
Kinerja guru PAI dalam mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan permasalahan yang sangat penting untuk dikaji secara luas dan mendalam, antara lain soal kinerja guru PAI dalam melaksanakan tugas utamanya yaitu mengajar khususnya pada aspek kompetensi dan keterampilan dasar mengajar guru serta soal pengelolaan pembelajaran dimana tugas dan kewajiban guru bukan hanya sekadar menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga guru harus dapat mengelola pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan mampu memecahkan berbagai persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk menganalisis kinerja guru PAI dalam melaksanakan tugas utamanya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing Kabupaten Majalengka; kedua, untuk menjelaskan standar pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing kabupaten Majalengka; ketiga, untuk menganalisis efektivitas kinerja guru PAI dalam mengelola pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi dan termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, secara umum kinerja guru PAI di SMK PUI Cikijing dalam melaksanakan tugas utamanya pada aspek kompetensi dan keterampilan dasar mengajar guru sudah cukup efektif, namun dalam kompetensi pedagogik terkait dengan variasi penggunaan metode dan media pembelajaran dinilai masih kurang optimal dan dalam keterampilan bertanya, kinerja guru PAI dalam mendorong siswa agar aktif bertanya masih kurang maksimal. Kedua, standar pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PUI Cikijing mengacu pada peraturan yang berlaku yang meliputi standar perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Ketiga, kinerja guru PAI dalam mengelola pembelajaran PAI di SMK PUI Cikijing dari segi proses secara umum dinilai sudah cukup efektif, namun sebagian guru PAI masih ada yang kurang optimal dalam implementasi RPP, penggunaan metode diskusi dan media proyektor LCD atau infocus. Adapun dari segi hasil, terbentuknya karakter religius siswa hormat dan taat kepada guru, ukhuwah islamiyah, shalat dhuhur berjamaah dan sebagainya di SMK PUI Cikijing sudah efektif. Minat, semangat dan perhatian siswa SMK PUI Cikijing terhadap pembelajaran PAI serta keterampilan siswa dalam membaca dan menghafal al-Qur'an dinilai masih kurang optimal. Walaupun demikian, hasil belajar siswa SMK PUI Cikijing pada pembelajaran PAI semester yang lalu sudah efektif yang ditunjukkan dengan lebih dari 80% peserta didik dapat mencapai nilai PAI di atas KKM (76-77). Kata Kunci: Efektivitas, Kinerja Guru PAI, Pengelolaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13157 |
Actions (login required)
View Item |