Dewi Puspitasari, (2020) Reformulasi Strategi Experiential Marketing pada Sekolah Berbasis Pesantren di SMA Islam Al-Mizan Jatiwangi. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (240kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (207kB) |
Abstract
SMA Islam Al-Mizan Jatiwangi adalah Sekolah Berbasis Pesantren yang melakukan reformulasi strategi promosi PPDB menggunakan strategi experiential marketing. Hal ini dilakukan sebagai evaluasi strategi pemasaran pengalaman yang telah dilakukan sebelumnya dalam promosi PPDB. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan reformulasi strategi promosi PPDB berbasis pengalaman (experiential marketing) sesuai dengan konsep yang strategis dan sistematis. Menurut Schmitt konsep experiential Marketing dapat dianalisis melalui 2 pendekatan, yaitu Strategic Experiential Modules (SEMs) dan Experiential Providers (ExPros), dimana SEMs adalah tipe-tipe pengalaman yang dihadirkan di dalam experiential marketing yang meliputi Sense, Feel, Think, Act, dan Relate, sedangkan ExPros adalah peralatan yang digunakan untuk mengantarkan SEMs yang meliputi Communications, Visual Identity, Product Presence, Co- Branding, Spatial Environment, Website, dan People. Usaha pemasaran jasa pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren yang dilakukan oleh SMA Islam Al-Mizan Jatiwangi adalah dengan menggunakan lima perangkat dari SEMs (Strategic Experiential Marketing Modules) yakni sense, feel, think, act dan relate yang di intergrasikan dalam konsep Experiences providers (ExPros). Hasil dari reformulasi strategi experiential marketing pada Sekolah Berbasis Pesantren di SMA Islam Al-Mizan Jatiwangi untuk Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu menggunakan lima perangkat dari SEMs (Strategic Experiential Marketing Modules) yang di integrasikan dalam tiga dari tujuh konsep ExPros (Experiences providers) yakni communication, spatial environment, dan people. Selanjutnya, berdasarkan hasil wawancara dampak dari reformulasi strategi experiential marketing pada Sekolah Berbasis Pesantren Tahun Ajaran 2020/2021adalah animo positif yang dirasakan oleh calon siswa baru setelah melakukan beberapa kegiatan promosi PPDB berbasis pengalaman. Kata kunci: reformulasi strategi, experiential marketing, Sekolah Berbasis Pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 27 May 2024 01:31 |
Last Modified: | 27 May 2024 01:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13218 |
Actions (login required)
View Item |