Offi Maria Ulpah, (2024) Pengaruh Potongan Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Member Alfamart Cabang Plumbon. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008204050_1_cover.pdf Download (706kB) |
|
Text
2008204050_2_bab1.pdf Download (328kB) |
|
Text
2008204050_6_bab5.pdf Download (201kB) |
|
Text
2008204050_7_dafpus.pdf Download (271kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman menyebabkan perkembangan dan perubahan pasar di Industri ekonomi. Yang pada mulanya masyarakat hanya berbelanja di Pasar tradisional sebagian besar mereka beralih pada pasar modern seperti pasar swalayan, minimarket, supermarket dan lain-lain. Bahkan di era digital seperti sekarang ini sudah ada e-commerce (pasar digital). Apabila berbagai jenis pasar tersebut tidak melakukan adaptasi atau penyesuaian terhadap perkembangan zaman, pasar-pasar tersebut bisa saja tidak dapat bertahan di masa depan. Lalu bagaimana dengan Alfamart yang hingga kini tokonya berkembang pesat dan waralabanya bertambah banyak dari tahun ke tahun. Hal tersebut berarti franchise toko ritel masih diminati investor dan pebisnis kecil walaupun adanya perkembangan pasar e-commerce. Lalu apa yang ditawarkan dari Alfamart ke pelanggan sehingga menyebabkan mereka tetap setia berbelanja. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari variabel-variabel terhadap loyalitas pelanggan Alfamart cabang plumbon. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dan data yang diperoleh merupakan data primer dengan metode pengumpulan data metode kepustakaan, penyebaran angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik penelitian ini dilakukan melalui uji SPSS dengan uji Asumsi klasik dan uji regresi linear berganda, dan sampel yang digunakan ialah pelanggan Alfamart cabang plumbon yang memiliki member. Dari hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara potongan harga terhadap loyalitas pelangan member Alfamart Cabang Plumbon. Hal ini dapat diketahui dari thitung 2.397 > ttabel 1.983 dan sig. 0.018 < 0.05. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara lokasi terhadap loyalitas pelangan member Alfamart Cabang Plumbon. Hal ini dapat diketahui dari -thitung -0.210 >- ttabel -1.983 dan sig. 0.834 > 0.05. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelangan member Alfamart Cabang Plumbon. Hal ini dapat diketahui dari thitung 6.254 > ttabel 1.983 dan sig. 0.000 < 0.05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan potongan harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat diketahui dari thitung 6.254 > ttabel 1.983 dan sig. 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Ritel dan Waralaba
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 29 May 2024 06:45 |
Last Modified: | 29 May 2024 06:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13234 |
Actions (login required)
View Item |