Aisyah Nurul Izza, (2024) Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Produk Muslimah Di Toko Navira Collection Sumber Cirebon. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah IAIN SNJ.
Text
2008202080_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008202080_2_bab1.pdf Download (933kB) |
|
Text
2008202080_6_bab5.pdf Download (499kB) |
|
Text
2008202080_7_dafpus.pdf Download (837kB) |
Abstract
Perkembangan Halal life style memuat beberapa industri yaitu halal food, Halal fashion, halal travel, halal kosmetik, halal media. Penulis disini ingin menganalisis sektor halal fashion, trend fashion muslimah kini begitu pesat, hal ini terlihat dari berbagai busana dengan berbagai model seperti gamis, rok, celana, kulot, jilbab, tunik, abaya dan lainnya yang dikenakan para muslimah. Selain itu, outlet dan brand fahion muslimah Seperti Rabbani, Zoya, Mezora, Elzatta, Nibras, Ethica, dan zaskia sungkar dengan brand sendiri Bernama Kia by zaskia sungkar masih banyak lagi designer busana muslim yang telah mengeluarkan produknya hingga dikonsumsi sampai keluar negeri. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dan yuridis empiris. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan mengenai permasalahan yang diteliti kemudian dianalisis untuk mengetahui Strategi Pemasaran Pada Toko Navira Collection Secara Umum/Syariah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Strategi pemasaran yang digunakan pada toko Navira Collection memakai 4 P unsur/elemen bauran pemasaran/marketing mix meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi (product, price, promosion, place). Sudah menerapkan sesuai dengan bauran pemasaran namun ada beberapa yang belum berjalan secara optimal seperti promosi pada media sosial, serta produk yang tersedia hanya mukenah yang lainnya masih preorder seperti hijab, busana muslim, dan seprai. Toko Navira Collection telah menerapkan strategi pemasaran syariah seperti produk yang halal sesuai permintaan konsumen Amanah, jujur jikalau ada produk yang cacat atau ada kesalahan dalam pembuatan. Harga yang terjangkau tidak merugikan konsumen pengambil keuntungan secukupnya tidak menimbun barang/produk. Promosi tidak melebih-lebihkan produknya, tidak plagiat atau mengambil foto produk orang lain, maka dari itu owner memotret produk sendiri dan di promosikan sendiri di Whatsapp dan Facebook. Tempat/lokasinya jelas, dan memiliki izin tidak boleh menipu konsumen. Dampak positif dan negatif dari strategi pemaaran di toko Navira Collection diantaranya dalam sisi peluang mudah dijangkau oleh masyarakat karena toko dekat jalan raya berdekatan dengan masyarakat, sudah terkenal penjualan sampai dibeberapa daerah seperti Yogyakarta, brebes, malang dan medan, memiliki banyak karyawan, konsumen dan relasi para pengusaha. Tantangan beberapa barang yang masih preorder, kurangnya memanajemen waktu, juga pemahaman terhadap social, kurang optimal dalam menerapkan strategi yang sesuai dengan umum ataupun syariahnya. Kata Kunci: Perkembangan Fashion, Strategi Pemasaran Syariah, Bauran Pemasaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:29 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 07:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13314 |
Actions (login required)
View Item |