Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening

Ismi Mayshafuroh, (2024) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008204061_1_cover.pdf

Download (963kB)
[img] Text
2008204061_2_bab1.pdf

Download (449kB)
[img] Text
2008204061_6_bab5.pdf

Download (336kB)
[img] Text
2008204061_7_dafpus.pdf

Download (292kB)

Abstract

Minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam berwirausaha adalah lingkungan keluarga dan self efficacy. Masalah dalam penelitian ini yaitu adanya kesenjangan antara minat dan tindakan dalam mewujudkan kewirausahaan, meskipun sebagian besar mahasiswa menyatakan minat, jumlah yang relatif kecil yang benar-benar terlibat dalam praktik wirausaha menunjukkan bahwa ada hambatan atau kendala tertentu yang menghalangi implementasi ide bisnis. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga, terhadap minat berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam semester VI dan VIII IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berjumlah 1.038 mahasiswa. Sampel berjumlah 100 mahasiswa yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Penentuan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sedangkan, metode analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan path analysist menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini yaitu secara parsial bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap self efficacy, kemudian lingkungan keluarga memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap minat berwirausaha, dan self efficacy memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara simultan lingkungan keluarga memiliki pengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha yang diperantarai oleh self efficacy. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Minat Berwirausaha.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:57
Last Modified: 11 Jun 2024 08:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item View Item