Hanif Musyarofah, (2024) Pengaruh Sistem Full Day Schol Terhadap Penguatan Karakter SiawaDi Smk Samudra Nusantarara Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (714kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (262kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan di SMK Samudra Nusantara sudah terbilang baik. Secara teori, apabila kegiatan-kagiatan yang dilakukan adalah hal-hal yang baik, maka akan menghasilkan karakter siswa yang baik pula. Akan tetapi, pada kenyataan dilapangan, tidak sedikit siswa yang perilakunya kurang baik seperti berbicara dengan bahasa binatang, berbicara kasar kepada guru, berbicara kepada guru seperti berbicara kepada temannya, bahkan tawuran pun kerap terjadi di sekolah ini, dan masih banyak lagi perilaku lainnya yang dianggap kurang baik. Oleh karena itu, peneliti meneliti adakah hubungan yang signifikan antara sistem full day school dengan penguatan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis ada tidaknya pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter religius siswa SMK Samudra Nusantara, untuk menganalis ada tidaknya pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter disiplin siswa SMK Samudra Nusantara dan untuk menganalis ada tidaknya pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter kreatif siswa SMK Samudra Nusantara. Penyusunan tesis ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa SMK Samudra Nusantara Cirebon yang berjumlah 1153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 60. Teknik analisis data menggunakan uji variabel dan uji korelasi. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Person Product Moment (PPM). Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa Sistem Full Day School (X) memiliki pengaruh positif terhadap penguatan karakter religius dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 4,637 > 1,680. Adapun besarnya presentase pengaruh Sistem Full Day School (X) terhadap penguatan karakter religius yaitu sebesar 32,8%. Kemudian Sistem Full Day School (X) memiliki pengaruh positif terhadap penguatan karakter disiplin dengan p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 5,015 > 1,680. Adapun besarnya presentase pengaruh Sistem Full Day School (X) terhadap penguatan karakter disiplin yaitu sebesar 36,4%. Kemudian Sistem Full Day School memiliki pengaruh positif terhadap penguatan karakter kreatif. dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 4,640 > 1,680. Adapun besarnya presentase pengaruh Sistem Full Day School (X) terhadap penguatan karakter kreatif yaitu sebesar 32,9%. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Penguatan Karakter Religius, Disiplin dan Kreatif di SMK Samudra Nusantara. Kata Kunci : Full day school, religius, disiplin, kreatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13388 |
Actions (login required)
View Item |