Strategi Kepemimpina Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja dan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di SMP Darussalam Kandanghaur Indramayu)

Adilla Septi Rizqiana Aji, (2024) Strategi Kepemimpina Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja dan Kedisiplinan Guru (Studi Kasus di SMP Darussalam Kandanghaur Indramayu). Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)

Abstract

Kinerja guru merupakan suatu perstasi yang di capai oleh seorang guru didalam lembaga pendidikan, hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapaioleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya dan mewujudkan kinerja guru yang sesuai dengan harapan dibutuhkan seorang kepala sekolah profesional. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana Strategi Kepemimpinan Kepala dalam Meningkatkan Kinerja dan Kedisiplinan Guru di SMP Darussalam Kandanghaur; 2) Bagaimana Problematika Kepemimpinan Kepala Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja dan Kedisiplinan Guru di SMP Darussalam Kandanghaur; 3) Bagaimana Implikasi Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja dan Kedisiplinan Guru di SMP Darussalam Kandanghaur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan beberapa guru di SMP Darussalam Kandanghaur. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan jurnal-jurnal yang relevan. Analisis data menggunakan pengecekan, pengorganisasian, dan pengkodean sedangkan untuk memperkuat hasil penelitian ini dilakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Strategi kepemimpinan yang diterapkan meliputi komunikasi efektif, penilaian kinerja yang adil, pelatihan dan pengembangan profesional, dukungan dan pengakuan atas prestasi, serta pembinaan dan mentoring. Strategi ini berhasil membangun hubungan kuat antara kepala sekolah dan guru, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan lingkungan belajar yang produktif. Namun, 2) Kepemimpinan dihadapkan pada tantangan seperti kurang efektifnya program pembinaan, kurang kompetensi guru dalam pembuatan RPP dan kurangnya pelatihan untuk guru; 3) Implikasi dari strategi ini menunjukkan peningkatan semangat, motivasi, dan komitmen guru, yang berdampak positif pada kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan memberdayakan. Kata Kunci: Guru, kedisiplinan, kepala sekolah, kinerja, strategi

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:43
Last Modified: 25 Jun 2024 03:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13391

Actions (login required)

View Item View Item