Efektivitas penerapan sistem informasi manajemen mikah (SIMKAH) dalam pelayanan admintrasi pada Kantor Urusan Agama Gunungjati Kabupaten Cirebon.

Sofi hidayat, (2024) Efektivitas penerapan sistem informasi manajemen mikah (SIMKAH) dalam pelayanan admintrasi pada Kantor Urusan Agama Gunungjati Kabupaten Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I Tesis.pdf

Download (598kB)
[img] Text
6. BAB V Tesis.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA Tesis.pdf

Download (450kB)

Abstract

Peranan KUA merupakan Kementrian yang mengontrol, mengkordinasi, serta mengatur tingkat Kecamatan. Peranan KUA menjadi ujung tombak Kementrian Agama yang melayani admintrasi pelayanan pencatatan pernikahan ditingkat Kecamatan. Progam aplikasi SIMKAH dipandang sesuatu yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja Kantor Urusan Agama dalam hal pelayanan administrasi pencatatan pernikahan pada tingkat Kecamatan, tepat pada tahun 2007 Dirjen Bimbingan Masyarakat Bimas Islam atau disingkat dengan istilah (Bimas Islam) telah berupaya untuk berkomitmen dan berkonsisten dalam meningkatkan mutu kualitas pelayanan dan kapasitas KUA melalui perbaikan pelayanan berbasi IT (Information and Technologi). khusus hanya pelayanan nikah pada KUA dalam hal ini pelayanan admintrasi nikah yang selama ini dilakukan secara manual pada Kantor Urusan Agama. Progam ini berbasis teknologi menggunakan jaringan internet yang dipandang lebih tepat, cepat, akuran, dan aman. Berawal dari pemikiran tentang IT lalu Pemerintah dalam hal ini Diktoral Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, menerbitkan Intruksi Nomor DJ.II/369 Tahun 2013 Tentang Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana Pelaksanaan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) pada Kantor Urusan Agama Gunungjati Kabupaten Cirebon, Bagaimana pengaruh sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) pada pelayanan administrasi Kantor Urusan Agama Gunungjati Kabupaten Cirebon, dan Bagaimana efektivitas sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) terhadap pelayanan admintrasi Kantor Urusan Agama Gunungjati Kabupaten Cirebon”. cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini: Efektivitas penerapan sistem informasi manajemen mikah (SIMKAH) dalam pelayanan admintrasi pada Kantor Urusan Agama Gunungjati Kabupaten Cirebon. Progam SIMKAH yang berbabis IT sudah berjalan dengan lancar dan baik pada Kantor Urusan Agama Gunungjati, dapat dikatakan progam SIMKAH ini telah sukses digunakan dalam hal pelayanan administrasi nikah pada KUA Gunungjati. Kata Kunci: KUA, Administrasi, dan sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH)

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Perdata Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:19
Last Modified: 25 Jun 2024 06:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item View Item