PENGARUH SOSIALISASI, LITERASI, DAN LINGKUNGAN AKADEMIK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI)

KHUSNUL MARIYAH, (2024) PENGARUH SOSIALISASI, LITERASI, DAN LINGKUNGAN AKADEMIK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img] Text
1708203045_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708203045_2_bab1.pdf

Download (642kB)
[img] Text
1708203045_6_bab5.pdf

Download (501kB)
[img] Text
1708203045_7_dafpus.pdf

Download (923kB)

Abstract

Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan bank yang dalam operasionalnya menggunakan prinsip syariah. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak benua se-ASIA, masih banyak masyarakatnya tidak paham betul akan bank syariah terkhusus Bank Syariah Indonesia. Pada nyatanya masih banyak mahasiswa yang menjadi nasabah bank konvensional daripada bank syariah. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari sosialisasi, literasi dan lingkungan akademik terhadap minat mahasiswa untuk menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 97 responden dengan pembagian 23 mahasiswa ekonomi syariah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon dan 74 mahasiswa manajemen bisnis Universitas GunungJati Cirebon. Analisis data digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa ada pengaruh sosialisasi, literasi dan lingkungan akademik terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah. Sosialisasi dan literasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat. Namun lingkungan akademik tidak berpengaruh terhadap minat. Namun jika diuji secara bersama-sama dapat mempengaruhi minat secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat dikatakan bahwa sosialisasi dan literasi berpengaruh positif dan signifikan sedangkan lingkungan akademik tidak. Namun jika sosialisasi, literasi dan lingkungan akademik secara bersama memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan bank syariah dapat memperbanyak sosialisasi dalam meningkatkan pengetahuan keuangan syariah secara meluas dan mendalam dan menumbuhkan citra baik di lingkungan akademik. Kata kunci: bank syariah indonesia, sosialisasi pemasaran, literasi keuangan syariah, lingkungan akademik

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:34
Last Modified: 17 Jul 2024 06:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13566

Actions (login required)

View Item View Item