PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, E-FILING DAN KUALITAS PELAYANAN RELAWAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON (SURVEY PADA TAX CENTER IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)

TASYA FEBRIANI ADRIANA, (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, E-FILING DAN KUALITAS PELAYANAN RELAWAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI IAIN SYEKH NURJATI CIREBON (SURVEY PADA TAX CENTER IAIN SYEKH NURJATI CIREBON). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205005_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205005_2_bab1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2008205005_6_bab5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2008205005_7_dafpus.pdf

Download (168kB)

Abstract

Secara umum, pajak yang berlaku di Indonesia dapat dibedakan menjadi pajak pusat dan pajak daerah. Pajak merupakan sumber pembiayaan terbesar negara dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, yang menjadi obyek pajak adalah penghasilan. Hasil pemungutan pajak mampu membiayai pembelanjaan atau kebutuhan Negara. Untuk memaksimalkan penerimaan pajak perlu adanya kepatuhan wajib pajak. Dalam hal ini masih banyak wajib pajak yang belum mengerti tujuan dan fungsi dari pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, E-Filing, dan kualitas pelayanan relawan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Tax Center IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui survei yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sampel dari populasi dengan menggunakan angket atau kuesioner sebagai alat ukur data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Wajib Pajak yang berstatus Aktif di Kota Cirebon yaitu sebanyak 232 Wajib Pajak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 Wajib Pajak dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya analisis persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan uji asumsi klasik dengan bantuan pengolahan data menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Soution (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengetahuan Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, sedangkan E-Filing berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Kualitas Pelayanan Relawan Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Hasil uji Simultan (uji f) menunjukan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 10,36 > F tabel 2,74 artinya Pengetahuan Perpajakan, E-Filing, dan Kualitas Pelayanan Relawan Pajak berpengaruh secara simultan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Tax Center IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hasil dari R square sebesar 0,3202 sehingga dapat diketahui terdapat yang simultan antara Pengetahuan Perpajakan, E-Filing dan Kualitas Pelayanan Relawan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Tax Center IAIN Syekh Nurajati Cirebon sebesar 32,02%. Kata Kunci: Pengetahuan Perpajakan, E-Filing, Kualitas Pelayanan Relawan Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:08
Last Modified: 22 Jul 2024 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item