PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PELAKU USAHA BIDANG KULINER DAN FASHION YANG MENGGUNAKAN JASA PROMOSI SELEBGRAM DI WILAYAH KOTA CIREBON).

NURUL HAMDALAH, (2024) PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PELAKU USAHA BIDANG KULINER DAN FASHION YANG MENGGUNAKAN JASA PROMOSI SELEBGRAM DI WILAYAH KOTA CIREBON). Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah.

[img] Text
2008205105_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008205105_2_bab1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
2008205105_6_bab5.pdf

Download (323kB)
[img] Text
2008205105_7_dafpus.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara biaya pemasaran dan volume penjualan terhadap laba pada pelaku usaha bidang kuliner dan fashion yang menggunakan jasa promosi selebgram di wilayah Kota Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sebagian besar pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam mengalokasikan anggaran pemasaran dikarenakan memiliki sumber daya terbatas. Saat ini sudah banyak pelaku usaha yang memasarkan produknya melalui sosial media seperti Instagram melalui jasa promosi selebgram atau influencer. Oleh karena itu, penting untuk memahami dampak biaya pemasaran terhadap volume penjualan yang dipromosikan melalui selebgram. Dengan begitu para pelaku usaha dapat mengefektivitaskan penggunaan biaya pemasaran dalam memanfaatkan selebgram terhadap peningkatan volume penjualan dan laba yang diperolehnya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 44 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan meliputi uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji analisis jalur, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis jalur dan uji T (parsial) menunjukkan bahwa biaya pemasaran secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba pada pelaku usaha di Kota Cirebon dan volume penjualan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba pada pelaku usaha di Kota Cirebon. Hasil analisis jalur dan uji F (simultan) menunjukkan nilai Fhitung (26,381) > Ftabel (3,22) yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara biaya pemasaran terhadap volume penjualan pada pelaku usaha di Kota Cirebon. Berdasarkan hasil analisis jalur, uji T, dan uji F volume penjualan memediasi pengaruh antara biaya pemasaran terhadap laba pada pelaku usaha di Kota Cirebon dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05 dan 0,259 > 0,05 serta nilai perhitungan dari Standardized Coefficients Beta 0,309. Dengan begitu terdapat pengaruh tidak langsung biaya pemasaran melalui volume penjualan terhadap laba sebesar 0,309 yang artinya volume penjualan memediasi pengaruh antara biaya pemasaran terhadap laba pada pelaku usaha di Kota Cirebon. Kata kunci: Biaya Pemasaran, Laba, Volume Penjualan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:18
Last Modified: 22 Jul 2024 02:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item