TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMASARAN PRODUK ASURANSI SYARI’AH PADA PT. ASURANSI JIWA SYARIAH JASA MITRA ABADI (JMA) CIREBON

Hili Silvia, (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMASARAN PRODUK ASURANSI SYARI’AH PADA PT. ASURANSI JIWA SYARIAH JASA MITRA ABADI (JMA) CIREBON. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
1908202056_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908202056_2_bab1.pdf

Download (749kB)
[img] Text
1908202056_6_bab5.pdf

Download (497kB)
[img] Text
1908202056_7_dafpus.pdf

Download (405kB)

Abstract

Pemasaran syariah adalah sebuah disiplin bisnis yang mengarahkan proses penciptaaan, penawaran, dan perubahan nilai dari suatu inisiator yang memungkinkan pelakunya bertumbuh serta mendayagunakan kemanfaaatan yang dilandasi dengan kejujuran, keadilan, dan keterbukaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pemasaran produk PT. Asuransi Jiwa Syariah Asuransi JMA Syari‟ah, Tinjauan Hukum islam Terhadap Penerapan Prinsip Syariah Dalam Pemasaran Produk PT. Asuransi JMA Syari‟ah, serta Tantangan Penerapan Prinsip Syariah Dalam Pemasaran Produk PT. Asuransi JMA Syari‟ah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi, dan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemasaran dilakukan PT. Asuransi JMA Syari‟ah berdasarkan perilaku jujur, amanah dan komunikatif dalam memasarkan produk asuransi baik secara langsung maupun melalui agen pemasar. PT. Asuransi JMA Syari‟ah telah mengimplementasikan karakteristik pemasaran syariah mulai dari Teistis (rabbaniyyah), terlihat dari Budaya kerja yang mengedepankan sikap jujur, amanah, dan transparan, Etis (akhlaqiyyah) secara pengetahuan dan ketentuan dari perusahaan sudah sesuai dengan etika pemasaran syariah, Realistis (al- waqi‟iyyah), Sudah sesuai dengan pemasaran syariah dimana Produknya disesuaikan dengan permintaan pasar, namun perlu inovasi baru agar produk PT. Asuransi JMA Syari‟ah lebih berbeda dengan produk asuransi lainnya. Humanistis (Al-insaniyah), sudah sesuai dengan konsep pemasaran syariah dimana Produk dapat dinikmati atau dimanfaatkan seluruh kalangan masyarakat tanpa membedakan status baik muslim maupun non muslim. Dari implementasi pemasaran produk PT. Asuransi JMA Syari‟ah tersebut terdapat beberapa tantangan dalam penerapan pemasaran syariah yang mengakibatkan rendahnya produktivitas penjualan diantaranya rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, pengetahuan dari SDM, Kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi. Kata Kunci: Pemasaran Syariah, Asuransi Jiwa Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:47
Last Modified: 29 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item