STRATEGI PAGUYUBAN PUJAAN TOHA STREET FOOD DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KELURAHAN KESENDEN KOTA CIREBON

Muhammad Aldi Ilham Maulana, (2024) STRATEGI PAGUYUBAN PUJAAN TOHA STREET FOOD DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KELURAHAN KESENDEN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
2008204120_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204120_2_bab1.pdf

Download (883kB)
[img] Text
2008204120_6_bab5.pdf

Download (701kB)
[img] Text
2008204120_7_dafpus.pdf

Download (711kB)

Abstract

Paguyuban Pujaan Toha Street Food bertujuan menjadi pelopor pembangunan ekonomi kerakyatan yang maju memalaui pedagang PKL dan UKM. Serta menciptakan peluang usaha baru dan lapangan kerja untuk masyarakat dan menjadi ikon kuliner terbaik di Kota Cirebon, dengan sajian kosnep tata kelola ruang yang rapih dan indah, serta penampilan dan pelayanan pelaku usaha yang sopan, rapih dan ramah serta sajian makan dan jajan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi Paguyuban Pujaan Toha Street Food dalam meningkatkan kesejahteraan bagi pedagang kaki lima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pertama Paguyuban Pujaan Toha Street Food Meliputi beberapa faktor internal pengembangan usaha yakni seperti pengembangan usaha melalui promosi yang bekerja sama dengan pihak sponsor dan pengmbangan usaha melalui pemerintah dengan membuat kebijakan menjadikan Pujaan Toha Street Food sebagai pusat wisata kuliner di Kota Cirebon. Kedua strategi yang dilakukan Paguyuban Pujaan Toha Street Food yakni ada beberapa yang pertama pujaan membuat hak cipta untuk membuat marchendise Pujaan Toha Street Food mengangkat tentang budaya Cirebon itu sendiri yang dimana hasil dari penjualan marchendise akan bagi-bagi yang pertama diberikan kepada anak yatim piatu, kedua menciptkan pinjaman dengan bunga nol persen untuk setiap anggota Paguyuban Toha Street Food dan yang ketiga yakni bagi hasil untuk pengurus Paguyuban Toha Street Food. Ketiga upaya Paguyuban Pujaan Toha Street Food yakni dengan membangun Pujasera atau dikenal sebagai pusat jajan serba ada yang dimana Pujasera tersebut dikelola penuh oleh pengurus paguyuban hasil dari Pujasera tersebut akan dikembalikan untuk mensejahterakan pedagang kaki lima yang ada di jalan Moh toha. Kata Kunci : Strategi Paguyuban, Kesejahteraan, Pedagang Kaki Lima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:44
Last Modified: 31 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13732

Actions (login required)

View Item View Item