BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENANGANI KECANDUAN MINUMAN BERALKOHOL PADA REMAJA DESA MAYUNG KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

FAHRI RIZQULLAH, (2024) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENANGANI KECANDUAN MINUMAN BERALKOHOL PADA REMAJA DESA MAYUNG KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
1908306150_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1908306150_2_bab1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
1908306150_6_bab5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1908306150_7_dafpus.pdf

Download (320kB)

Abstract

Dalam sebuah proses kehidupan tentunya manusia pernah melakukan sebuah tindakan yang melewati batas batas norma tentunya bisa merugikan diri sendiri juga orang lain. Fenomena tersebut kerap kali terjadi diusia remaja, remaja merupakan masa yang penuh tantangan karena dihadapkan dengan berbagai situasi dan kondisi perkembangan sikap dan sifat yang terlihat dalam rasa penasaran yang amat tinggi. Pada saat ini banyak terjadi Penyimpangan remaja yang terjerumus pada hal-hal negatif termasuk minuman alkohol. Remaja yang masih dalam masa orientasi membutuhkan kesenangan agar terhindar dari keadaan jenuh ataupun membosankan, sehingga para remaja lebih gemar ke tempat karaoke dan hiburan malam sebagai sarana bergaul dengan temantemannya. Pada usia remaja disebut juga sebagai waktu pencarian jati diri, usia remaja akan menentukan karakter atau pola hidup kedepannya untuk mencapai kematangan fisik juga psikisnya. Maka, dibutuhkan arahan atau bimbingan yang positif pada remaja agar di masa yang akan datang remaja mendapatkan feedback yang baik bagi dirinya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok pada remaja, gambaran pecandu minuman beralkohol pada remaja, dan pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengatasi kecanduan minuman berakohol pada remaja di desa mayung. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif Deskriptif, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa Hasil kegiatan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh para informan yaitu informan jadi saling terbuka untuk menceritakan masalah. Sehingga dari keterbukaan itu informan saling mendiskusikan mengenai masalah yang telah lalu maupun masalah yang belum dihadapi oleh informan. Hal ini membuat informan lebih siap untuk menghadapi setiap tantangan. Dari diskusi pada bimbingan kelompok informan jadi dapat berkomunikasi dengan baik serta memecahkan masalah secara bersama-sama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:36
Last Modified: 31 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13733

Actions (login required)

View Item View Item