Fatimatu Zahro, (2024) Analisis Swot Strategi BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura Dalam Pengembangan UMKM. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (237kB) |
Abstract
BMT memiliki peran strategis dalam mendukung perkembangan ekonomi masyarakat kecil dan menengah. Keberadaan BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura sebagai lembaga keuangan mikro syariah berpotensi besar untuk memberikan kontribusinya dalam memperkuat pengembangan UMKM. Namun, dalam mendukung pengembangan UMKM, BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura menghadapi berbagai persoalan internal dan eksternal, sehingga perlu merumuskan strategi dalam pengembangan UMKM menggunakan analisis SWOT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura dalam pengembangan UMKM, upaya strategi yang telah dijalankan, dan dampak dari strategi yang dijalankan BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura dalam pengembangan UMKM, serta perumusan strategi BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura dalam mendukung pengembangan UMKM berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Peneliti mengambil narasumber penelitian sebanyak 5 orang, yakni 2 orang pihak BMT dan 3 orang nasabah pelaku UMKM yang menggunakan jasa pembiayaan murabahah di BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data pada penelitian ini melalui tahapan editing, organizing, dan interpretasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa problematika dalam mendukung pengembangan UMKM, salah satunya adalah terbatasnya SDM yang dimiliki. Salah satu upaya strategi yang telah dijalankan adalah menerapkan proses pembiayaan yang mudah dan cepat. Dampak dari upaya strategi yang telah dijalankan salah satunya dapat meningkatkan jumlah nasabah dan realisasi dana di BMT Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura. Berdasarkan analisis SWOT faktor internal dan eksternal yang diperoleh pada penelitian ini dihasilkan 4 macam perumusan strategi sebagai berikut: Strategi S-O, salah satunya memastikan BMT beroperasi dengan transparan dan patuh terhadap aturan syariah serta regulasi keuangan yang berlaku. Strategi WO, memanfaatkan dukungan pemerintah dan lembaga lain dengan melakukan kerja sama untuk menambah dan mengembangkan kapasitas SDM. Strategi S-T, memberikan edukasi untuk mengatasi kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pembiayaan murabahah di BMT. Strategi W-T, modernisasi infrastruktur IT untuk mengatasi persaingan dengan lembaga keuangan lain. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi, BMT, Pengembangan UMKM.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:44 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13745 |
Actions (login required)
View Item |