EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON

EVINA KHUMAEIDAH, (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306004_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306004_2_bab1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
2008306004_6_bab5.pdf

Download (150kB)
[img] Text
2008306004_7_dafpus.pdf

Download (291kB)

Abstract

Kepercayaan diri adalah perilaku positif dengan keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri. Kurangnya kepercayaan diri dapat berdampak pada menurunnya prestasi akademik maupun non akademik. Melalui pemberian bimbingan kelompok dengan teknik permainan diharapkan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik permainan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Penelitian ini termasuk dalam jenis pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon sejumlah 182 peserta didik, dan sampelnya sebanyak 18 purposive sampling peserta didik, teknik pengambilan sampel menggunakan dengan syarat sampel merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon, tingkat kepercayaan diri sedang, dan bersedia mengikuti treatment bimbingan kelompok dengan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, profil umum kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon menunjukkan peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Selain itu teknik permainan dalam bimbingan kelompok memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan program secara keseluruhan. Kemudian perhitungan uji paired simple t-test dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < α (0,05) dikatakan efektif. Dengan demikian dapat diartikan bahwa, bimbingan kelompok dengan teknik permainan efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:28
Last Modified: 31 Jul 2024 06:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13758

Actions (login required)

View Item View Item