EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JAPARA KABUPATEN KUNINGAN

LUSY SETIA DEWI, (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 JAPARA KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306005_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306005_2_bab1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
2008306005_6_bab5.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2008306005_7_dafpus.pdf

Download (114kB)

Abstract

Disiplin merupakan sikap mental individu yang mencerminkan ketaatan dan kepatuhan yang didasarkan pada kesadaran dalam menjalankan tugas dan kewajibannya untuk mencapai tujuan tertentu. Permasalahan kedisiplinan ini terjadi disalah satu sekolah di Kabupaten Kuningan yaitu di SMP Negeri 2 Japara. Bentuk pelanggaran tersebut yaitu peserta didik sering terlambat masuk sekolah, sering bolos sekolah, tidak menaati peraturan dalam berpakaian, mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan tidak disiplin dalam perkataan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Japara Kabupaten Kuningan. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Japara Kabupaten Kuningan yang berjumlah 111 peserta didik dengan sampel kelas VIII C dan VIII D yang di pilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan uji independent sampel t-test diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Yang artinya nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya pelaksanaan teknik self management efektif digunakan pada kelompok eksperimen untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Japara Kabupaten Kuningan. Ini menunjukan terdapat keefektifan pemberian treatmen yang bermakna kedisiplinan peserta didik mengalami peningkatan, dengan perolehan hasil nilai uji N-gain kelas eksperimen sebesar 64%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:32
Last Modified: 31 Jul 2024 06:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13762

Actions (login required)

View Item View Item