DAMPAK METODE BELAJAR ART THERAPY TERHADAP PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLBN KABUPATEN CIREBON

SRI KARINA SUTARNO, (2024) DAMPAK METODE BELAJAR ART THERAPY TERHADAP PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLBN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306092_1_cover.pdf

Download (963kB)
[img] Text
2008306092_2_bab1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
2008306092_7_dafpus.pdf

Download (347kB)
[img] Text
2008306092_8_lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Art therapy atau terapi seni dengan suatu proses terapi yang menggunakan teori kesadaran pribadi ketika berinteraksi selama dalam proses seni yang sedang berlangsung dan ketika suatu individu mampu belajar mengenai diri sendiri dari proses tersebut. Art therapy memiliki keunggulan khususnya dalam membantu dan memahami gangguan emosi dan perilaku seseorang. Art therapy dapat di terapkan dengan permainan yang bisa diberikan kepada anak-anak namun dapat jga digunakan pda kalangan dewasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembentukan minat belajar anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Kemudian dalam penelitian ini penelitian mengindentifikasi penerapan metode belajar art therapy terhadap pembentukan minat belajar anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Sehingga peneliti menganalisis dampak metode belajar art therapy terhadap pembentukan minat belajar anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data informasi atau informan ketika pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak metode belajar art therapy dapat diterapkan pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Dengan menggunakan art therapy anak tunagrahita dapat membentuk minat belajarnya dengan penerapan metode art therapy yang dimana pembentukannya menggunakan pola perilaku belajar yang bisa menggunakan metode bermain sambil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:00
Last Modified: 01 Aug 2024 07:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item