EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJA SAMA UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK REGULER DAN PESERTA DIDIK SANTRI DI MTs AL-MIZAN MAJALENGKA

SILVIA RAHMAWATI, (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KERJA SAMA UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK REGULER DAN PESERTA DIDIK SANTRI DI MTs AL-MIZAN MAJALENGKA. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306098_1_cover.pdf

Download (895kB)
[img] Text
2008306098_2_bab1.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2008306098_6_bab5.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2008306098_7_dafpus.pdf

Download (88kB)

Abstract

Interaksi sosial merupakan sebuah hubungan antar suatu individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, maupun individu dengan kelompok. Interaksi sosial juga adalah proses dalam bersosial yang didalamnya terdapat sebuah hubungan sesama manusia. Artinya dengan begitu bahwa interaksi merupakan hubungan timbalik balik dari segi kehidupan bersama, karena tanpa adanya proses interaksi tidak akan adanya hubungan bersama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi profil interaksi sosial, untuk mendeskripsikan rancangan layanan bimbingan kelompok dengan permainan kerja sama, dan untuk menganalisis keefektivan proses bimbingan kelompok dengan teknik kerja sama untuk meningkatkan interaksi sosial pada peserta didik reguler dan peserta didik santri di MTs Al-Mizan Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan peneliti yaitu quasi experimental design, model desain yang digunakan pretestposttest control group design. Dilakukan dengan dua kelompok yaitu terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau pembanding yang bertujuan untuk menguji suatu kebenaran hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan layananan bimbingan kelompok dengan permainan kerja sama pada peserta didik reguler dan peserta didik santri di MTs Al-Mizan yaitu cukup efektif yang dapat dari hasil uji N-Gain Score yaitu diperoleh rata-rata 73% maka dapat dilihat dalam bentuk kategori perolehan nilai 73% masuk kedalam tafsiran cukup efektif, dan dari hasil uji paired sampel tes didapatkan dari hasil perbedaan yang siginifikan sebesar 0,000 < 0,05, beradasrkan outpout hasil uji independent sampel tes dengan bantuan IBM SPSS 22 for Windows, dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak yang berbunyi bimbingan kelompok dengan teknik permainan kerja sama efektif meningkatkan interaksi sosial pada peserta didik reguler dan peserta didik santri

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:17
Last Modified: 01 Aug 2024 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13851

Actions (login required)

View Item View Item