PENGARUH PEMAHAMAN KARIER TERHADAP PILIHAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS 12 DI MAN 6 CIAMIS

WINNY ANGGERAENI PUTRI, (2024) PENGARUH PEMAHAMAN KARIER TERHADAP PILIHAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS 12 DI MAN 6 CIAMIS. Bachelor thesis, S1- BIMBINGAN KONSELING ISLAM.

[img] Text
2008306174_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008306174_2_bab1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
2008306174_6_bab5.pdf

Download (124kB)
[img] Text
2008306174_7_dafpus.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang dialami oleh para peserta didik MAN 6 Ciamis umumnya pada yang duduk di bangku kelas 12 yakni belum terarahnya tujuan dalam penentuan pilihan karier. Dalam hal ini, permasalahan tersebut tidak dapat dibiarkan karena akan menghambat para peserta didik dalam menentukan pilihan kariernya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh karier yang di pahami oleh setiap peserta didik untuk menentukan pilihan kariernya. Dengan diketahui nya tingkatan tersebut, dapat mengetahui seberapa sukses guru BK dalam memberikan pemahaman karier kepada peserta didiknya. Metode yang di lakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 26 peserta didik kelas 12 sebagai responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur tingkat pemahaman karier serta pilihan karier peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linear sederhana untuk menganalisa sejauh mana pemahaman karier dapat memengaruhi pilihan karier peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pemahaman karier dan pilihan karier peserta didik kelas 12 di MAN 6 Ciamis. Analisis data menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki pemahaman yang cukup baik tentang berbagai pilihan karier yang tersedia, namun terdapat variasi dalam tingkat kedalaman pemahaman karier peserta didik. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta didik cenderung memilih karier yang sesuai dengan minat, bakat, dan keahlian para peserta didik sehingga memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berbagai pilihan karier yang ada. Implikasi dari temuan ini menyoroti pentingnya memperkuat program bimbingan karier di sekolah untuk membantu peserta didik dalam membuat pilihan karier yang lebih baik sesuai dengan potensi dan keterampilan peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:43
Last Modified: 02 Aug 2024 03:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item