PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA COMPUTER BASED LEARNING (CBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

MANGIFERA SABHARINA, (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA COMPUTER BASED LEARNING (CBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708105006_1_cover.pdf

Download (330kB)
[img] Text
1708105006_2_bab1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
1708105006_6_bab5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
1708105006_7_dafpus.pdf

Download (19kB)

Abstract

Salah satu faktor yang menjadi penyebab hasil belajar peserta didik rendah adalah bahan ajar yang sulit dipahami. Oleh karena itu, perlu diadakan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Upaya mengembangkan bahan ajar diantaranya adalah dengan mengembangkan bahan ajar menggunakan multimedia Computer Based Leraning (CBL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matemtika pokok bahasan lingkaran yang memenuhi kriteria valid atau layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar menggunakan multimedia Computer Based Leraning (CBL) dengan software Microsoft Power Point 2016, Quiz Qreator, dan Flash. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Adapun prosedur penelitian ini adalah penyederhanaan langkahlangkah Sugiyono yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, evaluasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menggunakan multimedia CBL memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan keefektifannya. Berdasarkan validasi dari ahli materi secara keseluruhan diperoleh 90,9% dan berada pada kriteria sangat baik. Sedangkan hasil validasi dari ahli media secara keseluruhan diperoleh 95% dan berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tes belajar peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik telah tuntas secara klasikal yaitu mencapai 86,6% dengan nilai rata-rata 80,7. Kemudia hasil respon peserta didik menyatakan bahwa 77,2% bahan ajar matematika menggunakan multimedia CBL baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Multimedia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:46
Last Modified: 06 Aug 2024 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item