PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) DAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

NUR HASANAH, (2024) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) DAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708105081_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708105081_2_bab1.pdf

Download (561kB)
[img] Text
1708105081_6_bab5.pdf

Download (496kB)
[img] Text
1708105081_7_dafpus.pdf

Download (358kB)

Abstract

Mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dan model pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pairs Problem Solving) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VIII dan respon setelah memperoleh penerapan masing-masing model pembelajaran dikelasnya merupakan tujuan dari penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan Control Group Posttest-Only Design dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dipilih dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Mafatihul Huda Kec. Depok Kab. Cirebon sebanyak 108 siswa dengan sampel kelas VIII B dan kelas VIII C masing-masing sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis antara yang menerapkan model pembelajaran CPS dan model pembelajaran TAPPS serta rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II pada pokok bahasan SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 60,5385 dan kelas eksperimen II sebesar 55,1154. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan analisis menggunakan uji independent sample ttest yang diperoleh

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:04
Last Modified: 06 Aug 2024 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item View Item