AHMAD RIFA’I, (2024) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TIPE TWO STAY TWO STRAY. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.
Text
1708105105_1_cover.pdf Download (665kB) |
|
Text
1708105105_2_bab1.pdf Download (261kB) |
|
Text
1708105105_6_bab5.pdf Download (295kB) |
|
Text
1708105105_7_dafpus.pdf Download (178kB) |
Abstract
Pada proses pembelajaran matematika, kemampuan komunikasi menjadi salah satu kemampuan yang memiliki nilai rendah, dimana siswa kesusahan dalam menjelaskan matematika dalam bentuk lisan, tulisan, gambar, maupun menjelaskan gagasan yang terdapat dalam penyajian data kedalam simbol – simbol matematika. Karena itu diperlukan adanya pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran salah satunya kemampuan komunikasi matematis agar siswa mampu mengkomunikasikan matematika menjadi lebih baik. Untuk itu salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui seberapa besar kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division; 2) untuk mengetahui seberapa besar kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray; 3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dengan tipe two stay two stray; 4) untuk mengetahui bagaimana respons siswa setelah mendapat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dan tipe two stay two stray. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII, populasi seluruh kelas VIII SMPN 2 Plered Kab. Cirebon dengan sampel penelitian kelas VIII A dan VIII B. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division memperoleh nilai rata – rata 69 dan 28 siswa lulus KKM dengan persentase 80%; 2) kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray memperoleh nilai rata – rata 67 dan 26 siswa lulus KKM dengan persentase 74%; 3) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dengan tipe two stay two stray, hal ini dilihat dari hasil uji t pada kedua kelas eksperimen yang mendapat nilai signifikan sebesar 0,429 (> 0,05); 4) data hasil statistik angket respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division memperoleh rata – rata nilai persentase 70,14% dimana persentase tersebut lebih besar dari hasil rata – rata persentase angket respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray memperoleh rata – rata nilai persentase 68,06%. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kemampuan Komunikasi Matematis, STAD, TSTS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:11 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:11 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13906 |
Actions (login required)
View Item |