Damar Kasidhan Jati, (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN INSTAGRAM PADA METERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 1 TANJUNG. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.
Text
1908106047_1_cover.pdf Download (994kB) |
|
Text
1908106047_2_bab1.pdf Download (503kB) |
|
Text
1908106047_6_bab5.pdf Download (256kB) |
|
Text
1908106047_7_dafpus.pdf Download (432kB) |
Abstract
Keterampilan proses merupakan suatu keterampilan yang menuntut peserta didik melibatkan pengalaman belajarnya melalui konsep tertentu. Hal ini sejalan dengan pembelajaran discovery learning yang menitikberatkan pada kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu persoalan yang dihadapi ketika proses pembelajaran serta menekankan diri agar peserta didik dapat mengolah pikiran dan mengoptimalkan potensinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Tanjung yang berjumlah 360 siswa dan terdiri dari 10 kelas MIPA dan masing�masing kelasnya terdiri dari 36 siswa.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel kelas yang digunakan yaitu sampel kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang berjumlah 36 siswa dalam setiap kelasnya. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket berupa skala Likert, lembar observasi dan tes tulis berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian di dapat bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama yang memiliki nilai tertinggi adalah indikator 4 yakni pengkomunikasian sebesar 88,89%, pada respon siswa rata-rata menjawab setuju pada angket posistif, respon siswa pada responding negatif rata-rata menjawab sangat tidak setuju.peningkatan rata-rata nilai pretest dari 51,8 menjadi 59,4 (nilai posttest) yang berarti mengalami peningkatan sebesar 7,6. Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan peningkatan yang siginifikan terhadap keterampilan proses sains antar siswa yang diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan instagram dengan yang tidak diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan instagram pada materi keanekaragaman hayati di SMAN 1 Tanjung. Kata kunci : discovery learning,keterampilan proses sains, instagram
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:30 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13913 |
Actions (login required)
View Item |