PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS

UFI FIKROTUL AMNA, (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908106062_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908106062_2_bab1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
1908106062_6_bab5.pdf

Download (151kB)
[img] Text
1908106062_7_dafpus.pdf

Download (238kB)

Abstract

Pemilihan metode dalam kegiatan mengajar serta penerapan model pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam mengasah keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran discovery learning menekankan pada penemuan sustu prinsip atau konsep yang belum dimiliki oleh siswa. penelitian bertujuan untuk mengkaji (1) bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran keanekaragaman hayati untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik; (2) menganalisis peningkatan dan perbedaan peningkatan berpikir kritis pada peserta didik yang menerapkan model discovery learning pada pembelajaran keanekaragaman hayati dan tidak menerapkan model discovery learning pada pembelajaran keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ajaran 2022/2023 di MAN 2 Cirebon. Populasinya adalah siswa kelas X yang berjumlah 215 siswa. sampel terdiri dari kelas X MIPA 2 dengan jumlah siswa 35 siswa dan kelas X MIPA 3 dengan jumlah 34 siswa. Desain penelitian menggunakan One Group Pretest Posttest. Hasil penelitian menunjukkan (1) Presentase rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan selisih 16 pada pertemuan ketiga (2) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan peningkatan, rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen (0,96) dan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol (0,49). Hasil uji statistik menunjukkan nilai Sig. 0.000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian yaitu 1) aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, 2) terdapat perbedaan peningkatan KBK siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Kata Kunci: Discovery Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Keanekaragaman Hayati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:36
Last Modified: 06 Aug 2024 02:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13915

Actions (login required)

View Item View Item