MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI ESD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 1 SUMBER

KAERIYAH, (2024) MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI ESD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMAN 1 SUMBER. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106001_1_cover.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2008106001_2_bab1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
2008106001_6_bab5.pdf

Download (250kB)
[img] Text
2008106001_7_dafpus.pdf

Download (479kB)

Abstract

Masalah-masalah pembelajaran sains diantaranya adalah pengajaran sains yang hanya mencurahkan pengetahuan (tidak berdasarkan praktik), sedangkan dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21 dan kebutuhan akan kehidupan berkelanjutan salah satu keterampilan yang diperlukan siswa adalah keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas, respon dan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dengan model Project Based Learning berbasis ESD dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan model Project Based Learning berbasis ESD pada pokok bahasan perubahan lingkungan kelas X di SMAN 1 Sumber. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelittain Quasy expperimental dengan penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sumber, dan sampel yang diambil sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa dengan penerapan model Project Based Learning terintegrasi ESD yang teramati berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif menunjukan kriteria baik dengan rata-rata 63,6. Respon siswa terhadap penerapan Project Based Learning terintegrasi ESD menunjukan respon yang positif, dimana respon tertinggi ditunjukan pada penerapan Project Based Learning. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol dan eksperirmen, nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,59 sedangkan nilai N-gain rata-rata kelas kontrol hanya sebesar 0,29. Uji hipotesis dilakukan dengan uji indpenden sample T-test, menunjukan sig. 0,000 menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Saran untuk penelitian selanjutnya hendaknya dianalisis lebih dalam pengaruh implementasi ESD pada model Project Based Learning. Kata kunci : Project Based Learning , ESD, keterampilan berpikir kreatif

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:59
Last Modified: 06 Aug 2024 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item