EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AL WASHLIYAH TALUN

DIYAH NURFAUZIAH, (2024) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS AL WASHLIYAH TALUN. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908105080_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908105080_2_bab1.pdf

Download (97kB)
[img] Text
1908105080_6_bab5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1908105080_7_dafpus.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di MTs Al Washliyah Talun berdasarkan evaluasi model illuminatif. Adapun aspek yang diteliti yaitu kesiapan guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sarana dan prasarana, penilaian, dan kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengimplementasian kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di MTs Al Washliyah Talun belum sepenuhnya memenuhi standar kurikulum 2013. Penelitian ini membuktikan bahwa : 1) Kesiapan guru matematika di MTs Al Washliyah Talun masih terbilang belum siap, karena dilihat dari guru matematika saat mengajar tidak dapat mengimplementasikan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Untuk aspek kualifikasi akademik, guru matematika sudah sesuai dengan kualifikasi akademik yang ditentukan. 2) Penyusunan rencana pembelajaran yang dibuat guru matematika masih belum sesuai dengan komponen kurikulum 2013, karena terdapat beberapa komponen pada rencana pembelajaran yang tidak dicantumkan. 3) Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas masih belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013, pada pelaksanaan pembelajaran guru matematika tidak menggunakan metode saintifik, kemudian guru matematika juga tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu saat belajar. 4) Sarana dan prasarana yang ada di MTs Al Washliyah Talun terbilang tidak memadai untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013, hal tersebut dilihat dari tersedianya 4 ruangan kelas tetapi hanya 3 yang dapat digunakan dan berkondisi baik, perpustakaan yang tersedia tidak berkondisi baik dan tidak terdapat buku di dalamnya, tidak memiliki laboratorium, ruang komputer berkondisi baik tetapi komputer yang disediakan sudah tidak berfungsi. 5) Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan guru matematika sudah sesuai dengan penilaian autentik yang ada pada kurikulum 2013. Penilaian autentik ini terdiri dari: Aspek kognitif, pada aspek ini guru melakukan tes kemampuan pengetahuan siswa melalui pengerjaan soal yang ada pada buku pegangan siswa dan juga memberi pertanyaan secara langsung kepada siswa. Aspek psikomotorik, pada aspek ini guru melihat keterampilan siswa saat menjawab pertanyaan guru matematika secara lisan maupun tertulis. Aspek afektif, pada aspek ini guru matematika dilihat dari kedisiplinan murid saat masuk kelas tepat waktu atau tidak, sikap keseharian siswa saat di kelas dan di luar kelas, serta sikap antar teman sebayanya. Kata kunci: Evaluasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:14
Last Modified: 06 Aug 2024 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13935

Actions (login required)

View Item View Item