LUBNAA FAAIQOH, (2024) PENERAPAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN ARGUMENT MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008106018_1_cover.pdf Download (728kB) |
|
Text
2008106018_2_bab1.pdf Download (122kB) |
|
Text
2008106018_6_bab5.pdf Download (100kB) |
|
Text
2008106018_7_dafpus.pdf Download (457kB) |
Abstract
Keterampilan abad-21 sangat dibutuhkan peserta didik saat ini dikarenakan tuntutan perkembangan zaman baik teknologi ataupun informasi yang semakin berkembang pesat. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik agar mampu bersaing di abad-21 adalah keterampilan komunikasi. Salah satu bentuk dari keterampilan berkomunikasi adalah keterampilan berargumentasi untuk mengungkapkan pemikiran peserta didik melalui wacana ilmiah yang menjadi proses penting dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan argumentasi siswa dengan diterapkan Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan argument mapping dengan siswa yang tidak diterapkan model tersebut pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Quasi eksperimental design bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal, dan angket respon yang akan di analisis melalui serangkaian uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan SPPS Statistic 25. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan argument mapping ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan sangat baik; 2) Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan argumentasi antara siswa yang diterapkan Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan argument mapping pada materi sistem ekskresi dengan yang tidak. Rata-rata argumentasi tulis dan lisan kelas eksperimen berada pada level 3; 3) Respon siswa terhadap penerapan Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan argument mapping menunjukkan kriteria kuat. Kata Kunci : Argument Driven Inquiry (ADI), argument mapping, keterampilan argumentasi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:26 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13939 |
Actions (login required)
View Item |