PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA

ALDI ALFIANSYAH WIBOWO, (2024) PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN E-LKPD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106019_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008106019_2_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008106019_6_bab5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2008106019_7_dafpus.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan argumentasi siswa masih kurang berkembang sehingga perlu ditingkatkan. Peningkatan keterampilan argumentasi dapat dilakukan dengan inovasi pembelajaran yang lebih baik salah satunya dengan pembaharuan model pembelajaran yang dibantu dengan media pembelajaran yang sesuai. Model Argument Driven Inquiry (ADI) yang merupakan rekomendasi model pembelajaran inkuiri keterampilan abad 21 yang dapat meningkatkan keterampilan argumentasi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis aktivitas siswa pada penerapan model Argument Driven Inquiry (ADI) menggunakan E-LKPD Interaktif, untuk menganalisis peningkatan keterampilan argumantasi pada siswa yang menerapkan model ADI menggunakan E-LKPD Interaktif dan siswa yang tidak menerapkan model ADI menggunakan E-LKPD Interaktif, dan untuk menganalisis bagaimana respon siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menerapkan model ADI berbantuan E-LKPD Interaktif. Penerapan model pembelajaran ini dibantu dengan E-LKPD Interaktif menggunakan web Liveworksheets. E-LKPD Interaktif digunakan sebagai media penunjang proses pembelajaran untuk membantu siswa data apa saja yang harus ditemukan dan dibutuhkan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Dengan populasi kelas X, sampelnya kelas X.3 dan X.1. Hasil penelitian aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata tertinggi pada sintak peer review double blind dengan nilai rata-rata 96,43. Aktivitas terendah siswa selama proses pembelajaran yaitu pada sintak revisi laporan hasil peer review dengan nilai rata-rata 83,04. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan argumentasi siswa yang diterapkan model pembelajaran ADI dengan siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran ADI. Hal ini dapat diketahui pada nilai rata-rata n-gain pada kelas eksperimen sebesar sebesar 0,40 dengan kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata n-gain yang diperoleh di kelas kontrol yaitu 0,24 dengan kategori rendah. Respon siswa yang diterapkan model ADI berbantuan E-LKPD Interaktif menunjukkan respon yang positif dengan nilai keseluruhan 73,66% dengan kategori baik. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggunakan media lain yang bervariasi untuk beberapa model dan materi yang dapat membantu proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan argumentasi siswa. Kata Kunci : Argument Driven Inquiry (ADI), E-LKPD Interaktif, Liveworksheets, Keterampilan Argumetasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:30
Last Modified: 06 Aug 2024 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item