PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN LURING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

REZA NURFADILLAH, (2024) PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN LURING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Shekh Nurjati.

[img] Text
1908101274_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908101274_2_bab1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
1908101274_6_bab5.pdf

Download (809kB)
[img] Text
1908101274_7_dafpus.pdf

Download (226kB)

Abstract

Pada tahun 2022 yang lalu geliat kampus sudah menunjukkan wajahnya kembali. Di jurusan Pendidikan Agama Islam juga sudah mulai ramai mahasiswa berdatangan untuk perkuliahan, salah satunya mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2021 yang mengalami 2 kali perubahan sistem pembelajaran. Awal perkuliahan dilakukan secara pembelajaran daring dan saat ini pembelajaran dilakukan secara luring (meski tetap ada mata kuliah yang dilakukan secara daring). Hal ini tentunya cukup berpengaruh pada diri mahasiswa, termasuk motivasi belajar. Karena mahasiswa harus beradaptasi kembali dengan sistem pembelajaran saat ini. Penelitian ini berfokus pada bagaimana sistem pembelajaran daring dan pembelajaran luring ini berlangsung dan keadaan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran daring dan pembelajaran luring terhadap motivasi mahasiswa di jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka secara langsung dengan menggunakan internet dan melalui perantara platform/aplikasi yang menunjang. Pembelajaran luring adalah pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka secara langsung atau pertemuan fisik secara langsung tanpa perantara teknologi internet untuk komunikasi. Motivasi belajar adalah suatu kondisi yang terdapat pada setiap individu/peserta didik di mana ada sebuah dorongan untuk mengerjakan sesuatu guna mencapai tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun uji prosentase skala, uji korelasi product moment, dan uji koefisien determinasi (R2) digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menerangkan bahwa terdapat 3 poin utama: 1) Sistem pembelajaran daring dan pembelajaran luring di jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang dilakukan oleh mahasiswa semester IV pada tahun ajaran 2021/2022 dan 2022/2023 berada pada kategori cukup baik dengan persentase 74,6% yang termasuk dalam rentang interval 55 – 74%. 2) Motivasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon berada pada kategori cukup baik dengan persentase 64% yang termasuk dalam rentang interval 55 – 74%. 3) Pada uji koefisien determinasi atau nilai R Square diperoleh sebesar 0,539 yang berarti besar presentase pengaruh variabel sistem pembelajaran daring dan pembelajaran luring terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 53,9%, sedangkan 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring, Motivasi Belajar, Mahasiswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:58
Last Modified: 06 Aug 2024 03:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item