ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL SAVI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

ADITIYA PRAYUDHA KUSUMAH, (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL SAVI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908105171_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908105171_2_bab1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
1908105171_6_bab5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1908105171_7_dafpus.pdf

Download (223kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat adalah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih memiliki nilai yang rendah, belum pernah digunakannya model pembelajaran SAVI dalam memecakan masalah matematika, kurangnya guru memfasilitasi gaya belajar siswa yang beragam sehingga membuat rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mixed method) yaitu metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi pengumpulan data dan kajian model campuran memadukan dua pendekatan dalam semua tahap proses penelitian. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah exploratory sequential design. Setelah pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa terdapat 8 siswa memiliki gaya belajar visual dengan persentase sebesar 25%, 19 siswa memiliki gaya belajar auditorial dengan persentase sebesar 60%, dan 5 siswa memiliki gaya belajar kinestetik dengan persentase sebesar 15%. Penggunaan model pembelajaran SAVI dilakukan dengan empat tahapan yaitu persiapan, penyampaian, pelatihan dan penyampaian hasil. Setiap tahapan pembelajaran mengandung unsur model pembelajaran SAVI yaitu somatik (gerak tubuh), auditori (mendengarkan atau berbicara), visual (melihat atau mengamati), dan intelektual (berpikir). Kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran SAVI memperoleh hasil uji t 0,000 kurang dari 0,05 (< 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran SAVI. Selain itu, berdasarkan nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas eksperimen 2 yaitu rata – rata nilai pretest sebesar 50,18 dengan persentase 72,86% dan rata – rata nilai posttest sebesar 82,81 dengan persentase 91,67% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 1 dengan nilai rata – rata pretest sebesar 42,03 dengan persentase 57% dan rata – rata nilai posttest sebesar 76,81 dengan persentase 74,98% dan kelas kontrol dengan rata – rata nilai pretest sebesar 42,31 dengan persentase 56,93% dan rata – rata nilai posttest sebesar 61,25 dengan persentase 68,91%. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Model Savi, Gaya Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:14
Last Modified: 06 Aug 2024 04:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item