PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI

NOK AYUNI, (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106069_1_cover.pdf

Download (359kB)
[img] Text
2008106069_2_bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
2008106069_6_bab5.pdf

Download (167kB)
[img] Text
2008106069_7_dafpus.pdf

Download (203kB)

Abstract

Berbagai keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 seharusnya dapat dikuasai oleh setiap siswa, salah satunya yang diamati dalam penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan agar siswa dapat menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol, siswa dapat menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnosains terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi, serta dapat mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnosains. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Quasi eksperimental design. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Cirebon dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI, dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIA 1 berjumlah 35 siswa dan XI MIA 3 berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal, dan angket respon. Hasil penelitian ini yaitu 1) Peningkatan aktivitas siswa ini dalam kategori yang tergolong cukup aktif, aktif, hingga tergolong sangat aktif. 2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model problem based learning berbasis etnosains dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan model problem based learning berbasis etnosains. 3) respon siswa pada pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode problem based learning berbasis etnosains tergolong dalam kategori positif. Kata Kunci : Problem Based Learning, Etnosains, Keterampilan Berpikir Kritis

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:21
Last Modified: 06 Aug 2024 04:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item