PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN CERITA PENDEK KELAS IX DI MTS NEGERI 2 CIREBON

HIMATUN ALIYAH, (2024) PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN CERITA PENDEK KELAS IX DI MTS NEGERI 2 CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110002_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008110002_2_bab1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
2008110002_6_bab5.pdf

Download (226kB)
[img] Text
2008110002_7_dafpus.pdf

Download (465kB)

Abstract

Pendidikan yang berkualitas harus memperhatikan mutu pembelajaran, dalam meraih tujuan pembelajaran maka dibutuhkan berbagai macam aspek, salah satunya penggunaan media pembelajaran yang tepat serta disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Selama proses pembelajaran masih banyak peserta didik yang merasakan bosa dan kurang percaya diri, sehingga permasalahan ini harus segera diatasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ular tangga terhadap efikasi diri siswa pada pembelajaran cerita pendek kelas IX di MTs Negeri 2 Cirebon. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain korelasional, dengan populasi kelas IX MTsN 2 Cirebon tahun akademik 2023/2024 dan kelas IX H sebagai sempel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket, serta istrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, serta indikator butir angket. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, berdasarkan hasil uji validitas pada 15 pernyataan dengan 33 responden dapat dikatakan valid dengan nilai rhitung > rtabel 0.344, serta berdasarkan uji reliabilitas didapatkan nilai Croncbach’s Alpha media ular tangga sebesar 0,755 sehingga instrumen dapat dinyatakan reliable. Teknik analisis data yang digunakan adalah frekuensi distriburi, rata-rata, dan standar deviasi, yang akan dilanjutkan dengan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan efikasi diri setelah diterapkannya media ular tangga, hal ini terlihat pada bertambahnya frekuensi pada kategori tinggi dengan frekuensi 7 atau 29% serta adanya pengurangan pada kategori rendah dengan frekuensi 5 atau 21%. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5%, berdasarkan uji korelasi didapatkan nilai signifikansi 0.041 < 0.05 dengan nilai person correlation 0.419 yang berada pada katogori korelasi sedang, sedangkan uji F didapatkan nilai fhitung 4,692 > ftabel 4.30. Maka dapat dismpulkan bahwa media ular tangga berpengaruh dalam meningkatkan efikasi diri, sehingga dapat dijadikan sebagai opsi media pembelajaran pada materi cerpen. Kunci: Ular Tangga, Efikasi Diri, Cerita Pendek.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:25
Last Modified: 06 Aug 2024 06:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item