ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PUKUL SETENGAH LIMA KARYA RINTIK SEDU DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN NOVEL DI SMA KELAS XII

ISMAWAR, (2024) ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PUKUL SETENGAH LIMA KARYA RINTIK SEDU DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI VIDEO PEMBELAJARAN NOVEL DI SMA KELAS XII. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110010_1_cover.pdf

Download (825kB)
[img] Text
2008110010_2_bab1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
2008110010_6_bab5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2008110010_7_dafpus.pdf

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konflik batin tokoh utama pada novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu dan mendeskripsikan pemanfaatan novel sebagai video pembelajaran di SMA Kelas XII. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah psikologi sastra teori kepribadian Sigmund Freud. Adapun data dalam penelitian ini ialah data yang berwujud kata, ungkapan, kalimat yang bersumber dari novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metodologis, data sumber, dan teoretis. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Selain itu untuk mendapat data kelayakan video pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis pada novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu, diperoleh 45 data bentuk konflik batin dari segi kepribadian tokoh utama menggunakan teori Sigmund Freud yang terbagi menjadi 3 bentuk yakni Id, Ego, dan Superego. Id sejumlah 16 data, Ego 13 data, dan Superego 16 data. Selanjutnya, novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu menjadi pemanfaatan sebagai video pembelajaran di SMA kelas XII. Hasil penelitian pemanfaatan novel Pukul Setengah Lima karya Rintik Sedu sebagai video pembelajaran dari kedua validator diperoleh nilai 4,2, sehingga menunjukkan hasil kelayakan video pembelajaran dapat dikatakan (sangat baik/layak) untuk menjadi media pembelajaran novel di SMA kelas XII, dapat dimanfaatkan untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi novel KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dengan IPK 3.9.1 menganalisis unsur intrinsik dalam novel. Kata Kunci: Konflik Batin, Pukul Setengah Lima, Psikologi Sastra, Video Pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:48
Last Modified: 06 Aug 2024 06:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item