NILAI KARAKTER DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN NOVEL DI KELAS XII SMA

FIRDA AULIA RAHMAH, (2024) NILAI KARAKTER DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN NOVEL DI KELAS XII SMA. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110030_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008110030_2_bab1.pdf

Download (502kB)
[img] Text
2008110030_6_bab5.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2008110030_7_dafpus.pdf

Download (501kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai karakter dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Dan untuk mendeskripsikan pemanfaatan novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi sebagai modul pembelajaran Novel di Kelas XII SMA. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce dalam mengkaji tanda, objek, dan interpretant. Pada pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Sedangkan, instrumen pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kartu data. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi teori, sumber data, dan metode. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi pada empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian berupa dialog atau kutipan yang menggambarkan nilai karakter yang terdapat dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dengan menggunakan pendekatan semiotika terdapat berbagai macam nilai karakter. Hasil penelitian ini mendapatkan 70 data nilai karakter yang ada di dalamnya, yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Selanjutnya, hasil analisis nilai karakter terhadap novel Rantau 1 Muara diimplikasikan pada modul pembelajaran Novel di kelas XII SMA dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel yang diharapkan bisa diimplementasikan pada pembelajaran. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Nilai Karakter, Novel, Semiotika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:22
Last Modified: 06 Aug 2024 07:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item View Item