ANGGI SULASTRI, (2024) EKRANISASI NOVEL A+ KARYA ANANDA PUTRI KE DALAM WEB SERIES A+ DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008110056_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008110056_2_bab1.pdf Download (314kB) |
|
Text
2008110056_6_bab5.pdf Download (290kB) |
|
Text
2008110056_7_dafpus.pdf Download (306kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk ekranisasi pada aspek penciutan, penambahan, dan perubahan variasi novel A+ karya Ananda Putri ke dalam web series A+ pada unsur tokoh, alur, dan latar serta memanfaatkannya sebagai media pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Waktu yang digunakan dalam penelitian dari awal Januari 2024 hingga Mei 2024. Sumber data pada penelitian ini adalah novel A+ dan web series A+. Adapun data dalam penelitian ini ialah berupa kutipan paragraf atau dialog pada novel, sedangkan dalam web series berupa tangkapan gambar adegan disertai dengan keterangan episode, menit, maupun detik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak menemukan data yang relevan pada novel dan web series, dilanjut dengan teknik catat untuk mengelompokkan data-data yang relevan. Sementara itu instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu data, tujuannya untuk mencatat data-data mengenai alur, latar, penokohan, dan amanat yang terdapat dalam novel A+ dan web series. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, metode, dan teori. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada novel dan web series A+, proses ekranisasi tokoh novel ke dalam web series A+ untuk kategori aspek penciutan meliputi 14 tokoh, aspek penambahan meliputi 2 tokoh, dan perubahan variasi meliputi 6 tokoh. Proses ekranisasi alur novel ke dalam web series A+ untuk kategori aspek penciutan sebanyak 52 data, aspek penambahan meliputi 18 data, dan aspek perubahan variasi menghasilkan 20 data. Proses ekranisasi latar novel ke dalam web series A+ untuk kategori aspek penciutan meliputi 12 latar, aspek penambahan 3 latar, dan perubahan variasi 2 latar. Selanjutnya, hasil analisis proses ekranisasi dimanfaatkan untuk membuat soal evaluasi menggunakan media pembelajaran game edukasi berupa quizwhizzer. Berdasarkan perhitungan persentase, skor yang didapatkan yakni 85,33 % menunjukkan jika media pembelajaran game edukasi yang dibuat peneliti sangat layak digunakan sebagai media dalam proses evaluasi pembelajaran pada materi Isi dan Kebahasaan Novel di kelas XII SMA. Kata kunci: Ekranisasi, Sastra, Novel, Web Series, A+
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14018 |
Actions (login required)
View Item |