KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DI KELAS IX SMP NEGERI 1 LEUWIMUNDING TAHUN PELAJARAN 2023/2024

DENISA DEWI PUSPITA, (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DI KELAS IX SMP NEGERI 1 LEUWIMUNDING TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110060_1_cover.pdf

Download (840kB)
[img] Text
2008110060_2_bab1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
2008110060_6_bab5.pdf

Download (315kB)
[img] Text
2008110060_7_dafpus.pdf

Download (340kB)

Abstract

Teks tanggapan adalah salah satu materi kelas IX yang penting untuk dipahami oleh peserta didik, termasuk di dalamnya terdapat kritik, saran, dan pujian terhadap suatu masalah atau objek tertentu disertai dengan fakta dan alasan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil menulis teks tanggapan siswa ketika diterapkan perlakuan berupa model pembelajaran Teams Games Tournament. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Leuwimunding, sedangkan sampelnya terdiri dari kelas IX A dan IX B SMP Negeri 1 Leuwimunding. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan menulis siswa dan lembar observasi untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Teams Games Tournament. Analisis instrumen penilaian menggunakan uji validitas dan reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik parametrik dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan hasil menulis siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dilaksanakan dengan baik. Kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament lebih efektif dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut dengan nilai rata-rata 80,16 > 76,83 dengan taraf signifikansi 0,000. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament pada keterampilan menulis teks tanggapan di kelas IX dan sebagai alternatif model pembelajaran bagi pengajar pada materi-materi lainnya. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Teks Tanggapan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:57
Last Modified: 06 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item