COURSE PRESENTATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

INTAN NUR PUTRI, (2024) COURSE PRESENTATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105012_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008105012_2_bab1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2008105012_6_bab5.pdf

Download (166kB)
[img] Text
2008105012_7_dafpus.pdf

Download (4MB)

Abstract

Era digital mempengaruhi segala bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Peserta didik yang terbawa arus digital mulai belajar kurang efektif, sehingga pendidik dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang baru. Pembelajaran dengan inovasi baru memberikan dampak ke berbagai hal, diantaranya minat dan hasil belajar peserta didik. Matematika merupakan mata pelajaran konseptual, sehingga memerlukan media pembelajaran yang dapat mempermudah, solusi yang peneliti ajukan yaitu Course Presentation H5P, sebuah media pembelajaran berbentuk slide yang dapat diisi dengen video dan kuis interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis Course Presentation H5P dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methode dengan penelitian kualitatif berupa Systematic Literature Review dan penelitian kuantitatif berupa Quasi Eksperiment dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Data diambil dari SMPN 2 Sumber pada kelas 9 dengan 32 peserta didik yang kemudian diolah menggunakan uji Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar matematika siswa meningkat sebesar 0,4 dengan kategori sedang dan hasil belajar metematika siswa meningkat sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Desain dan fitur yang perlu ditambahkan dalam Course Presentation untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa yaitu dengan berbagai fitur interaktif seperti hypervideo, segmentasi, slide, kuis interaktif, dan feedback adaptif. Desain lain seperti sulih suara yang dikenal oleh peserta didik, warna tulis tangan yang kontras dengan background, preview materi, contoh materi, ringkasan materi, sorotan pada video yang penting, catatan tambahan, durasi video ± 6 menit, petunjuk penggunaan media, kombinasi teks, gambar, animasi, dan audio juga tidak kalah untuk membantu peserta didik dalam proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran, dasar desain dan fitur yang peneliti gunakan dalam Course Presentation berdasarkan informasi teori dari penelitian relavan terdahulu melalui Systematic Literature Review. Kata kunci: Course Presentation, H5P, Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:09
Last Modified: 07 Aug 2024 02:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14033

Actions (login required)

View Item View Item