Deden Miftah Mubarok, (2024) Manajemen Marketing dalam Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Digital di SMK Al-Amiin Sangkanhurip Majalengka. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (961kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (406kB) |
Abstract
Manajemen Marketing dalam rekrutmen peserta didik baru di SMK Al-Amiin ini dilatarbelakangi oleh manajemen marketing yang dillakukan untuk mengatasi kompetensi antar lembaga pendidikan. Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi tidak terlekakkan lagi, banyak lembaga pendidikan yang ditinggal oleh pelanggannya karena teringgal arus perkembangan zaman khususnya bidang teknologi digital. Dengan mengikuti perkembangan digital yang semakin pesat, SMK Al-Amiin harus bisa melaksanakan rekrutmen peserta didik berbasis digital. Akan tetapi kondisi masyarakat yang berpengaruh besar pada pemanfaatan informasi berbasis digital, jadi SMK Al-Amiin belum sepenuhnya menggunakan digital sebagai basis manajemen marketing-nya. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji manajemen marketing dalam pelaksanaan rekrutmen peserta didik berbasis digital di SMK Al-Amiin. Studi ini mengeksplorasi strategi serta pola pelaksanaan rekrutmen peserta didik baru dengan basis digital, serta dampaknya terhadap peningkatan siswa di lembaga tersebut. Manajemen marketing adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan pengorganisasian, pengarahan, dan pelaksanaan) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif yang dikenal dengan istilah fungsi manajemen. Manajemen marketing dalam pelaksanaan rekrutmen peserta didik berbasis digital terdapat 4 bagian yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis studi dokumen. Peneliti melakukan wawancara kepada Ima Rohima selaku kepala sekolah, Edi Setiadi selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dan Fakhrul selaku panitia penerimaan siswa baru. Peneliti juga melakukan analisis dokumen yang bersumber dari tata usaha SMK Al-Amiin. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa manajemen marketing di SMK Al-Amiin dilakukan melalui empat kegiatan yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).Manajemen Rekrutmen peserta didik di SMK Al-Amiin berlangsung menggunakan dua cara, yaitu secara offline atau langsung dan secara online menggunakan media sosial. Pelaksanaan rekrutmen dilakukan melalui promosi secara langsung ke tiap sekolah di Kecamatan Sindang dan sekitarnya. SMK Al-Amiin juga mengadakan kegiatan baik itu perlombaan atau latihan gabungan yang mendatangkan siswa SMP dan MTs sebagai ajang promosi kegiatan sekolah. Dampak yang didapakan yaitu adanya peningkatan jumlah peserta didik setiap tahun nya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 01:48 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 01:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14071 |
Actions (login required)
View Item |