PERSEPSI PEMBACA PADA PENULISAN JUDUL BERITA CLICKBAIT DI MEDIA ONLINE KUNINGANMASS

ALDI SETIA MULYADI, (2024) PERSEPSI PEMBACA PADA PENULISAN JUDUL BERITA CLICKBAIT DI MEDIA ONLINE KUNINGANMASS. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.

[img] Text
2008302163_1_cover.pdf

Download (720kB)
[img] Text
2008302163_2_bab1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2008302163_6_bab5.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2008302163_7_dafpus.pdf

Download (76kB)

Abstract

Dalam era digital seperti saat ini, media online menjadi sumber informasi utama bagi banyak orang. Meningkatnya jumlah pengguna media onine, menurunnya tingkat literasi masyarakat di Indonesia, dan banyaknya konten berita hoax yang bertebaran di internet membuat persepsi pembaca terhadap judul berita Clickbait bermacam-macam. Kini Para produsen media membutuhkan strategi yang tepat dan jitu dalam menarik perhatian pembaca. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah mereka membuat judul berita Clickbait yang tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic atau kunjungan di situs utama media online. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai: (1) Bagaimana karakteristik penulisan judul berita Clickbait berdasarkan pandangan pembaca di media online Kuninganmass? (2) Bagaimana pola baca pembaca berita Clickbait di media online Kuninganmass? (3) Bagaimana persepsi pembaca pada judul berita Clickbait di media online Kuninganmass? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif studi kasus menurut stake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik penulisan judul berita Clickbait di media online Kuninganmass yang ditemukan adalah Exaggeration, Imflamtory dan Bait And Switch berdasarkan Konsep teori Clickbait yang dikemukakan oleh Biyani, Tsioutsiouliktis, dan Blackmer (2) ditemukan beberapa pola baca pembaca media online Kuninganmass yaitu pola intensif dan ektensif berdasarkan teori pola baca menurut tarigan. (3) Persepsi pembaca pada judul berita Clickbait pada media Kuninganmass.com berbeda-beda baik positif maupun negatif sesuai dengan konsep Persepsi menurut Amin Safwan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:07
Last Modified: 08 Aug 2024 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item