MUHAMMAD MASKUR, (2024) PENERAPAN INTEGRAL TERTENTU PADA PENGARUH LEBAR CAKRAM DAN BENTUK KALIPER TERHADAP PENGEREMAN SEPEDA MOTOR JURUSAN OTOMOTIF DI SMK. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008105087_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008105087_2_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008105087_6_bab5.pdf Download (130kB) |
|
Text
2008105087_7_dafpus.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tuntutan kurikulum sekarang lebih kepada suatu hasil projek yang dihasilkan ketika dalam pembelajaran, sehingga suatu pembelajaran harus berkonsep. Pembelajaran yang menggunakan konsep merupakan salah satu bagian dari perencanaan pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik mampu dan terampil dalam mengkonsepkan matematika. Penerapan materi matematika ke dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu hal yang berguna untuk pola pikir peserta didik, di mana menunjukkan hasil belajarnya dengan berpikir secara analitis. Salah satu bidang yang bisa diterapkan terhadap konsep matematika adalah modifikasi sistem pengereman pada motor. Sistem rem adalah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan karena 67% pada usia 22 tahun sampai 50 tahun mengalami kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa materi matematika yaitu integral tertentu bisa diterapkan untuk mencari keefektifan rem pada perubahan piringan cakram dan bentuk kaliper. Selain itu, pada penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kinerja dari hasil setiap perubahan lebar cakram dan perubahan pada bentuk kaliper. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa setiap penggunaan piringan cakram dan kaliper memiliki sistem kerja pengeremannya. Bahkan ketika melakukan perubahan antara piringan cakram atau perubahan bentuk kaliper memiliki peningkatan untuk sistem kerja pada pengereman. Hasil dari penelitian ini adalah dalam perubahan antara piringan cakram dan bentuk kaliper, perubahan yang memiliki keefektifan dalam meningkatkan sistem kerja rem cakram pada motor adalah perubahan pada bentuk kaliper yang di mana perubahan pada bentuk kaliper memiliki peningkatan yang lebih besar dari pada perubahan pada lebar piringan cakram. Pada penelitian ini hanya membahas penerapan integral tertentu pada komponen motor yaitu perubahan piringan cakram dan perubahan bentuk kaliperdalam mencari perubahan komponen motor untuk meningkatkan pengereman. Perubahan komponen motor ini hanya sebatas mengubah lebar piringan cakram tanpa mengubah bentuk kaliper atau mengubah bentuk kaliper tanpa mengubah lebar piringan cakram. Terdapat manfaat pada penelitian ini yaitu salah satunya adalah untuk peserta didik sekolah menengah kejuruan. Manfaat penelitian ini salah satunya untuk akademis adalah mempersiapkan peserta didik yang akan melakukan praktek lapangan. Kata kunci: Penerapan, Integral tertentu, Piringan cakram, Kaliper, dan Rem.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14096 |
Actions (login required)
View Item |