PENGARUH MEDIA LAGU ADAB BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS II MI SALAFIYAH KOTA CIREBON

Shelly Listianie, (2024) PENGARUH MEDIA LAGU ADAB BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS II MI SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1908107084_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908107084_2_bab1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
1908107084_6_bab5.pdf

Download (168kB)
[img] Text
1908107084_7_dafpus.pdf

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam media pembelajaran siswa Kelas II MI Salafiyah Kota Cirebon dimana dalam pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan media ceramah yang membuat siswa merasa jenuh dan bosan ketika belajar di dalam kelas, kadang mengantuk bahkan sampai tidak fokus dalam pembelajarannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode experimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, karena mengambil seluruh siswa Kelas II A MI Salafiyah KotaCirebon yang berjumlah 28 siswa. Media lagu merupakan salah satu alat bantu dalam menyampaikan pesan atau bahan ajar kepada siswa secara audio. Pesan yang disampaikan disajikan dalam bentuk auditif verbal maupun nonverbal atau kombinasinya. Media lagu ini dapat dijadikan alat bantu untuk berbagai macam materi pelajaran. Media lagu ini dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan seperti dalam penguasaan materi, karena lagu dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran sehingga memberi motivasi dan minat siswa untuk belajar. Media lagu (nyanyian) dapat di terapkan dalam pembelajaran dengancara mengubah materi pembelajaran menjadi lirik-lirik lagu yang kemudian dapat dinyanyikan siswa. Dengan media lagu (nyayian) dirasa cukup efektif untuk membuat pembelajaran terasa lebih ringan dan menyenangkan karena aktifitas pembelajaran dilakukan dengan beryanyi (belajar sambil bernyanyi) sehingga siswa tidak akan merasa bosan, dan mengantuk, bersemangat dalam memperhatikan pembelajaran, serta berani aktif saat proses pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh media lagu dalam motivasi belajar siswa kelas II A sangat valid menggunakan angket sebanyak 43% siswa merasa termotivasi ketika menggunakan media lagu dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas. Dan sebanyak 23% siswa masih belum termotivasi dengan adanya media lagu dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas II A MI Salafiyah Kota Cirebon. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media lagu dalam motivasi belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Salafiyah Kota Cirebon yaitu dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 0,669 > 0,389. Ini artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh antara media lagu dengan motivasi belajar siswa kelas II MI Salafiyah Kota Cirebon. Kata Kunci: Media Lagu, Motivasi Belajar Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:24
Last Modified: 08 Aug 2024 06:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item