PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 2 BATTEMBAT

LETI LATIFAH, (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 2 BATTEMBAT. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008107032_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008107032_2_bab1.pdf

Download (935kB)
[img] Text
2008107032_6_bab5.pdf

Download (413kB)
[img] Text
2008107032_7_dafpus.pdf

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti mengembangkan bahan ajar berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN 2 Battembat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN 2 Battembat yang valid, (2) menghasilkan bahan ajar berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN 2 Battembat yang efektif, (3) menghasilkan bahan ajar berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN 2 Battembat yang praktis. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode RnD dengan model pengembangan 4D. Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posstest dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar pretest�posttest, dan lembar angket kepraktisan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Battembat yang berjumlah 20 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ahli media sebesar 96,66% dikategorikan sangat layak, lalu ahli bahasa mendapatkan nilai sebesar 88% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak, dan praktisi guru sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Sementara itu untuk kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat dengan nilai N-Gain sebesar 0,56 kategori sedang, maka bahan ajar berbasis komik efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SD/MI dalam pembelajaran. Dan untuk kepraktisan bahan ajar berbasis komik mendapatkan nilai kepraktisan dari guru sebesar 96% dan nilai kepraktisan siswa sebesar 87,7% dikategorikan sangat praktis. Kata Kunci: Bahan ajar, komik, berpikir kritis matematis

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:48
Last Modified: 08 Aug 2024 06:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item View Item