SITI NURLAELA SARI, (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI PELANDAKAN 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008107055_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008107055_2_bab1.pdf Download (421kB) |
|
Text
2008107055_6_bab5.pdf Download (151kB) |
|
Text
2008107055_7_dafpus.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep PKN siswa. Berdasarkan observasi saat proses pembelajaran PKN guru lebih cenderung menuntut peserta didik untuk mencatat dan menghafal materi pelajaran dari pada memahami konsep materinya, karena guru mengajar secara konvensional dengan menggunakan metode atau strategi seperti ceramah dan pemberian tugas, tanpa memperhatikan minat, bakat, ataupun kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Selain itu, pembelajaran hanya menekankan pada hasil, melainkan bukan pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PKN di kelas IV SDN Pelandakan 2, (2) mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN Pelandakan 2, (3) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN Pelandakan 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen desain dengan jenis one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Sementara itu data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji analisis data observasi, uji N-Gain dan uji hipotesis non-parametrik yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran PKN dengan menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pertemuan terakhir sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Sementara itu pemahaman konsep PKN siswa mengalami peningkatan sebesar 0,4091 dengan kategori sedang. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis non-parametrik dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan pemahaman konsep PKN siswa pada materi unit 4 Negaraku Indonesia di kelas IV SD Negeri Pelandakan 2 Kota Cirebon. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemahaman Konsep, PKN
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:07 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14125 |
Actions (login required)
View Item |