ADELIA PRAMESETIA PUTRI, (2024) Peran Media Sosial dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Bachelor thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Text
1708104019_1_cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
1708104019_2_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
1708104019_6_bab5.pdf Download (1MB) |
|
Text
1708104019_7_dafpus.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial pada remaja di Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Secara umum, keberadaan media sosial membawa kemudahan dalam segala hal, namun dalam prosesnya ditemukan beberapa kendala yang mengakibatkan remaja menjadi lebih konsumtif daripada sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap intensitas penggunaan media sosial pada remaja, dampaknya terhadap perilaku konsumtif remaja, serta faktor pendukung dan penghambat dari perubahan tersebut. Media sosial merupakan sarana atau alat komunikasi yang dilakukan oleh pelaku soisal untuk saling berinteraksi dan bersosialisasi melalui dunia digital tanpa dibatasi oleh jarak, ruang, dan waktu. Secara garis besar, perilaku konsumtif dapat diartikan sebagai kegiatan membeli sesuatu dengan didasari keinginan. Artinya, keberadaan media sosial erat kaitannya dengan pengaruh perilaku konsumtif remaja. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam perubahan perilaku konsumtif remaja melalui apa yang ditampilkan di media sosial. Faktor pendukung dan penghambat pun juga mempengaruhi perubahan perilaku konsumtif remaja dalam proses ini. Intensitas penggunaan media sosial remaja sekitar 6-8 jam per hari. Peran media sosial sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif remaja, berawal dari para remaja yang aktif menggunakan media sosial akan menjadi mudah untuk mengetahui perkembangan trend. Faktor pendorong penggunaan media sosial dipicu oleh faktor lingkungan, rasa ingin yang tinggi, dan gaya hidup yang tinggi. sedangkan penghambatnya karena faktor keuangan, izin orang tua, dan siklus trend yang begitu cepat. Kata Kunci : Media Sosial, Perilaku Konsumtif
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 14:34 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 14:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14209 |
Actions (login required)
View Item |